Sabtu, 18 Juli 2015

GKP Cirebon waktu idul fitri 1436

Inilah kedua kalinya saya kebaktian di gereja ini.
Ingat waktu pertama saya kebaktian,menunggu lama bru kebaktian, karena datang 1 jam lebih awal, saat itu saya kuwatir perlu waktu untuk mencari....,
Jadinya pengalaman itu membuat saya sedikit lambat dari rumah, dan telat deh 10menit, sedikit malu sih.
Saya pernah lihat di GKP bekasi pdt melayan pake blankon, yah ikut2an deh pake blankon pada kebaktian saat ini, mumpung masih di cirebon, sekalian mengikuti budaya setempat.
Jumlah jemaat paling 100an, hampir sama dengan GKP bekasi pada tahun 90an. Saat ini pdt Edward Tureay S.Th selaku gembala disini  tdk melayani , tapi dilayani oleh Bp Paulus Hariyanto dari GKI kebonjati bandung, beliau beserta keluarga hadir.
Beliau menyampaikan bahwa dia tinggal di Semarang sejak setahun yg lalu.

Gereja ini tidak sebesar GKP bekasi, tapi masih alami, karena gereja ini dibangun jaman belanda tahun 1788 dengan luas 700m2 terletak di jalan Yos Sudarso no.10, dimana dindingnya tebal hampir setengah meter.
Tidak perlu pencahayaan tambahan karena dengan 6 buah dengan masing-masing 2 daun jedela serta selebar 2 pintu ukuran sekarang sudah cukup utuk penerangan,cuan ugkin kalau membuka jendela harus pakai tangga, karena tinggi.
Sudah tidak perlu lagi pendingin udara, karena udara yg sejuk dari luar bisa masuk langsung dan membuat waktu kebaktian sangat sejuk.

Menurut pdt Edward... Gereja ini tertua ke tiga setelah GPIB Sion di mangga dua dan GPIB Tugu Priuk Jakarta.
Bangunan gereja masih asli bawaan kecuali ada beberapa yang sudah di perbaiki, tetapi tetap mengikuti aslinya, karena gereja ini salah satu cahgaralam budaya yang harus dirawat.
Awalnya gereja ini disebut dengan Gereja Pasundan Bethel Indonesia, tapi karena pastory GKP tidak di bangun di jalan pulasaren no 33, maka akhir tahun 80an gereja ini dihibahkan oleh GPIB dan GKP membeli tanah sebagai pengganti.
Kebaktian pelayanan cuma satu kali yaitu pukul 09.00, mempunyai 2 pos kebaktian di Panguragan Lor dan Kencana girang.

Sangat beruntung sekali saya hari ini karena ada seminar "mengalami Injil"
Pdt Edward mrngajak makan bersama dengan peserta seminar setelah selesai.
Terima kasih kepada MajelisGKPirebon, Pdt Edward dan Bp Paulus yang telah memberitakan Firman dan bagaimana untuk melayani.

Mudah2an saya bisa kebaktian lagi di gereja ini.
Kiranya Tuhan memberkati.

GKP Cirebon sebagai benda cagar budaya dari PemKot Cirebon

Pdt Edward dan Gultom

GKP Cirebon





Tidak ada komentar:

Posting Komentar